Senin, Juli 16, 2012

Perbedaan Super Junior 6jib “Sexy Free and Single” versi A dan versi B

Annyeong Haseyo yeorobun..

Sedikit info buat yang masih bingung tentang perbedaan 6jib Super Junior Sexy, Free and Single ver. A dan B..
Langsung aja yahh..


Teukiedoot.. !! ^^



1. Dari segi harga

Nah, pertimbangan pertamakali buat fangirl tentu dari segi finansial hehe. Untuk versi A dari dahulu kala selalu lebih mahal dari versi yang lainnya, termasuk juga versi B. Kita lihat saja album ke-5 SJ kemarin (Mr. Simple), versi A dijual dengan harga sekitar Rp 250.000 sementara versi B dijual dengan harga Rp 180.000 saja. Kenapa versi A lebih mahal? Karena biasanya versi A berisikan contain yang lebih menarik dan lengkap. Bisa kita buktikan di album ke-6 ini (Sexy Free and Single) versi A dijual dengan harga sekitar Rp 280.000 sementara versi B dengan harga sekitar Rp 185.000. Lumayan jauh kan bedanya? sekitar 100 ribu-an. Tapi…. tunggu dulu, versi A bonusnya menggiurkan, kamu bisa dapet photobooklet 84 halaman, poster dan official random photocard. Sementara versi B dengan harga segitu kalian juga bisa mendapatkan gratis poster tapi gak ada photobookletnya.

2. Dari segi cover

Untuk masalah ini, juga jadi pertimbangan para ELF nih untuk beli album yang mana. Pasalnya album versi B menawarkan cover yang “menggiurkan” sementara versi hanya dengan cover biru polos. eitsss…tapi tunggu dulu, selera orang beda-beda, ada malah yang juga seneng cover versi A yanag elegan dan simple (semacam rapor sekolah *plak). Yah untuk kali ini sih dikembalikan pada masing2 individu aja kali ya :)

3. Dari segi isi lagu

Di album ke-enam ini antara versi A dan B TIDAK ADA PERBEDAAN dalam segi isi lagu. Masing-masing berisi CD dengan 10 lagu dengan tracklist yang sama, yaitu:

1. Sexy, Free & Single
2. 너로부터 (From U)
3. NOW
4. Rockstar 
5. 걸리버 (Gulliver)
6. 언젠가는 (Someday)
7. 달콤씁쓸 (Bittersweet)
8. 빠삐용 (Butterfly)
9. 머문다 (Daydream)
10. 헤어지는 날 (A ‘Good’bye)

4. Dari segi bonus

Sepertinya yang dijelaskan dalam poin 1 di atas, bonus versi A terdiri dari: photobooklet, poster, dan official photocard. Bonus versi B: adalah poster dan official photocard saja (mengingat harganya lebih murah ya ELF)

5. Dari segi pengaruh terhadap chart dan GDA

Nah ini juga merupakan salah satu hal yang digalaukan oleh ELF sebelum membeli album “terhitung hanteo gak sih?” ELF, perlu kalian tahu perbedaan antara Hanteo dan GDA. Hanteo memang sangat identik dengan GDA, tapi untuk lebih jelasnya kalian simak berikut ini:

HANTEO

Banyaknya pertanyaan mengenai penghitungan penjualan album oleh HANTEO utk Super Junior 5th Album, berikut adalah informasinya:

HANTEO mencatat seluruh penjualan dari album yang didistribusikan oleh SM Entertainment’s Distribution Center dan berhasil dijual oleh retailersnya baik utk penjualan album Versi A, B, C dan Repackage (cek Chart Penjualan di HANTEO)
HANTEO memiliki sistem komputerisasi tersendiri yang terhubung langsung dengan para suppliernya untuk pencatatan fisik penjualan album.
HANTEO MENCATAT seluruh penjualan yang dilakukan secara PRE ORDER dan SUDAH DILUNASI oleh Pembeli. Hanteo mencatat seluruh jumlah Pre Order, namun jumlah Pre order yg tidak dibayar oleh pemesan akan menjadi angka pengurang dalam perhitungan jumlah penjualan di akhir masa penghitungan.
HANTEO Chart dilakukan dengan perhitungan Penjualan Harian, Mingguan, Bulanan dan Tahunan yg datanya diambil dari data penjualan tiap jam.

Source: hanteo.com

THE GOLDEN DISK AWARD [GDA]

Award TIDAK diberikan kepada artist yg tidak hadir dalam event GDA. 

Grand Price (DISK DAESANG 대상) diberikan untuk FULL ALBUM TERBAIK sepanjang tahun berjalan (dipilih dari list Records of the Year - salah satu dari 6 pemenang DISK BONSANG).

Perhitungan yg dipakai dalam GDA berdasarkan:

Hasil Penjualan: 60%

Vote utk Popularity : 20%

Penilaian Juri masa evaluasi Desember s/d November tahun berikutnya (Contoh: Des 2010 - Nov 2011) : 20%

(Note: Kalaupun ada kriteria lain yang dapat menjadi pertimbangan khusus oleh para juri, hal ini menjadi rahasia juri sendiri)

SISTEM PENGHITUNGAN UTK KBS MUSIC BANK & SBS INKIGAYO

Note:

Digital Sources : Melon, Mnet, Bugs, Dosirak, Soribada

Chart Penjualan Album : Hanteo, Gaon, Sinnara Media, Hotracks

Sites for Calculation of Searches (online) : NAVER, EMPAS

Votes : referring to Mobile votes dan KBS/SBS (sites) votes

KBS MUSIC BANK

Digital Source : 60%

Penjualan album : 10%

Broadcast Frequency (TV & Radio) : 20% (perbandingan TV : Radio = 7 : 3)

Hasil Survey Pemirsa : 10%

SBS INKIGAYO

Penjualan : 20%

Digital Source : 30%

Broadcast Frequency : 20%

Poll Voting : 10%

Total Site Searches : 20%

Dapat dilihat utk KBS Music Bank & SBS INKIGAYO bahwa persentase hasil penjualan album tidak banyak berpengaruh dalam penghitungan angka. Digital source lah yg paling berpengaruh karena pemilihan lagu/album tidak hanya dilakukan oleh FANS saja melainkan juga oleh masyarakat umum yg bukan fans dan tidak membeli album, namun mereka mendengarkan album-album tersebut melalui cara download / streaming.

Bingung gak? gak dong pastinya….

Jadi begini kesimpulannya, untuk versi B TETAP TERHITUNG HANTEO CHART, akan tetapi penjualan album versi B banyak yang masih memperdebatkan apakah hasil penjualnnya masik untuk perhitungan GDA atau tidak. Melihat sejarah sebelumnya, versi B memang tidak terhitung untuk GDA (GDA hanya mengambil versi A dan C saja), namun sama kita tahu bahwa peraturan GDA kadang suka berubah-ubah setiap tahunnya. Jadi gak ada salahnya mebeli album versi B, karena TETAP TERHITUNG GDA dan PENJUALANNYA BISA MEMBANTU SUJU MEMENANGKAN ACARA MUSIK MINGGUAN SEPERTI MUSIC BANK, MUCORE ATAU INKIGAYO.

cr: yoonchuloyalist
Shared :  Big Family of Angels Indonesia
Reshared : airanoyume.blogspot.com
Posting Komentar